Rabu, 01 Juni 2016

Manajemen Perjalanan(Safety)

      Manajemen perjalanan
Manajemen Perjalanan (Safety)
Manajemen Perjalanan (Safety)

  Penanggungjawab prjalanan harus dapat memutuskan apakah  situasi adalah aman ataupun berbahaya,Faktor keselamatan (Safety) dalam hal ini harus dijadikan kerangka berfikir dala kegiatan di Alam terbuka
   untuk keadaan bahaya dapat dilakukan penggolongan terhadap Faktor penyebabnya,yaitu bahaya subyektif dan bahaya obyektif

  • bahaya subyektif  adalah bahaya yang ada dibawah kendali manusia.contohnya pemilihan alat yang salah,cara penggunaan perlengkapan yang tidak dikuasai dengan baik,pemilihan jenis perjalanan yang tidak tepat bagi pesertanya dan lain -lain. kasus yang terjadi contohnya kesalahan perhitungan logistik(perbekalan)sehingga peserta kelaparan,lupa membawa alat penerangan sehingga mengganggu pergerakan diaaat gelap,mengajak tean yang belum siap dengan kondisi medan yang dihadapi,tidak bisa menggunakan Kmpas orientering sehngga salah menentukan arah,dan banyak lagi lupa dan salah yang menempatkan posisi peserta dalam kondisi tidak nyaman ataupun terancam nyawanya.maka dari itu pengusaan 4 keahlian yang sudah dibahas mutlak diperlukan
  • bahaya obyektif  adalah bahaya yang diluar kendali manusia seperti banjir,kebakaran,letusan gunung dan lain lain
 semakin  subyektif  sebuah bahaya maka semakin dapat diperkirakan terjadinya dan dapat dihindarkan.sealiknya semakin obyektif  sebuah bahaya maka semakin tidak bisa diperkirakan dan semakin sulit dihindarkan untungnya bahaya obyektif  sangat jarang terjadi.para pemulan dalam kegiatan dialam terbuka mempunyai kecenderungan untuk berada didaerah bahaya subyektif
   kecelakaan dapat terjadi pada setiap orang namun tidak dapat disangkal lagi sebagian besar kecelakaan yang terjadi akibat bahaya subyektif
  oleh karena itu   peserta perjalanan harus waspada terhadap kemungkinan kecelakaan yang bisa terjadi sewaktu waktu
    Aturan dalam hal safety adalah kewaspadaan dan penanganan tepa pada saat terjadi bahaya.perlusekali ditekankan bahwa sebagian besar kecelakaan dapat diindarkan  namun jangan beranggapan bahwa semua jawaban dari permasalahan bahaya dapat kita ketahui lebih dulu sehingga keberhasilan dalam menangani bahaya  lebih banyak pada perancanaan yang hati hati dan penanganan yang tepat,bukan hanya sekedar keberuntungan
pemahaman mengenai kemungkinan dan penanganan bahaya harus ditanamkan Penggiat alam terbuka
Salam Rimba
Sumber DIKTAT NTOTC WANADRI

Porter gunung Prau
082226284799
kantor
02863301699 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar